Microsoft Tertarik dengan Software Pendidikan Buatan Indonesia
Perangkat lunak atau software pendidikan Sains dan Matematika dari PT Pesona Edukasi yang murni buah karya anak bangsa mampu menembus pasar global. Bahkan, PT Pesona Edukasi terpilih menjadi satu dari sembilan partner tingkat dunia Microsoft untuk mengisi materi teknologi baru Microsoft dalam bidang pendidikan MultiPoint Mouse.
Ananta Gondomono, Academic Program Manager PT Microsoft Indonesia, di
Jakarta, Selasa (4/5/2010), mengatakan bahwa konten pendidikan yang
diciptakan PT Pesona Edukasi itu diunggah di situs web Microsoft
sehingga bisa diakses secara global dan gratis. Microsoft mengembangkan
teknologi MultiPoint Mouse untuk mengatasi kesenjangan penggunaan
teknologi informasi di dunia pendidikan.
Menurut Ananta, di ruang kelas yang memiliki komputer atau PC yang
terbatas, produk tersebut kini bisa digunakan secara bersama-sama oleh
siswa. Hal ini juga sudah diuji coba dengan dipakai oleh 20 siswa secara
bersamaan.
Teknologi Windows MultiPoint Mouse adalah rekayasa pemrograman
komputer yang memungkinkan satu layar komputer dapat diakses sampai
lebih dari 30 mouse sekaligus. Satu komputer dapat digunakan oleh 30
anak dalam satu kelas dengan masing-masing anak menggunakan mouse
sendiri-sendiri untuk menjalankan aplikasi secara bersama-sama.
Manfaat dari penggunaan teknologi ini adalah memberi kesempatan anak
untuk berkolaborasi dalam menjalankan satu program atau berkompetisi
antara satu dan yang lain. Aplikasi dari PT Pesona Edukasi yang diberi
nama Amazing Concert dapat diunduh secara gratis di
http;//www.microsoft.com/multipoint/mouse-sdk/showcase.aspx.
Hary Candra, Marketing Director PT Pesona Edukasi, menjelaskan bahwa
PT Pesona Edukasi mengembangkan perangat lunak Amazing Concert, yakni
sebuah aplikasi perangat lunak pendidikan untuk bermain musik bersama.
Selain itu, ada juga DigiCarnival, yakni perangat lunak belajar
Matematika dengan topik mengurutkan angka, dan Monkey Rescue untuk
belajar bahasa dan pengetahuan umum yang dikemas seperti permainan
Hangman.
Bambang Juwono, Managing Director PT Pesona Edukasi, berharap,
melalui perangat lunak ini, anak-anak di seluruh dunia, termasuk
anak-anak Indonesia, dapat menikmati kegembiraan dalam kebersamaan.
Dengan begitu, melalui seni dan teknologi, anak-anak dapat belajar hidup
bersama dan saling mencintai. “Peluncuran perangat lunak bersama
Microsoft ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu berkiprah dalam sektor
pendidikan di dunia internasional sebagai negara pengembang perangat
lunak pendidikan kelas dunia,” kata Bambang.
Pada tahun ini, PT Pesona Edukasi yang menciptkan perangat lunak
Fisika, Matematika, dan Sains sejak tahun 2001 berhasil menembus pasar
Eropa. Sekolah-sekolah di Belanda akan menggunakan perangat lunak anak
bangsa. Keberhasilan perangat lunak pendidikan Indonesia menembus
mancanegara ini hadir sekitar lima tahun lalu. Perangat lunak tersebut
sudah diekspor ke 23 negara.
Untuk lebih mengglobal dan menyediakan pilihan layanan yang
terjangkau bagi siswa, guru, dan orangtua, PT Pesona Edukasi bekerja
sama dengan Telkom untuk mengembangkan PE Online. Yang berminat bisa
mengakses perangat lunak ini dengan membayar Rp 5.000 per topik per
minggu di http://online.PesonaEdu.com. Bisa juga diperoleh di
http://KontenEdukasi.com.
sumber: http://edukasi.kompas.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar ....
Tulislah Komentar yang membangun bagi blog ini.